Sabtu, 21 April 2012

Udah lama flash diskku rusak gara² dimasukkin ke komputer mas Rizal yang lagi ngga beres. Padahal sayang banget tuh FD 16GB harus berujung sebagai gantungan kunci. Aku format ngga bisa, malah filenya berubah jadi gini...

 

Flashdisk ngga bisa diformat, di delete juga ngga bisa. Ini namanya flashdisku ter-"write protected" katanya sih penyebabnya karena flashdisk sering dicabut tanpa di eject/savely remove dulu. Tapi dalam kasusku karena memang komputernya mas Rizal lagi gila, jadi fdku jadi korban.

Trus aku coba browsing gimana caranya memperbaiki fd yang ter-write protected, udah sekian banyak cara aku coba, mulai dari cara manual (pake regedit HKEY_LOCAL_MACHINE - SYSTEM - CurrentControlSet - Control trus pilih StorageDevicePolice tapi dilepiku ngga muncul StorageDevicePolice-nya jadi ngga bisa pake cara ini), donlot aplikasi repairingnya (search aja digoogle, banyak kok), sampai akhirnya saya nyerah dan memutuskan untuk memuseumkan fdku... :'(

Beberapa bulan kemudian.....



Pas lagi nyari² barang di atas lemari, eh aku liat almarhum fdku tergeletak tak berdaya. Karena aku kasian jadi aku ambil dan mengusahakan cara menyembuhkan si flashdisk yang malang ini. Aku searching lagi di google. Dan sampai nemu cara yang satu ini..

Katanya, jenis flashdisk kan beda² tuh, jadi toolnya juga beda². Pertama kita harus cari tau ID Vendor sama ID Productnya. Caranya donlot aplikasi USB Viewer disini  . Trus extract filenya, kemudian buka dan lihat VID dan PIDnya, seperti ini..

 


Nah, udah ketauan tuh VID dan PID fd kita, baru kita cari toolnya. FDku Kingston 16GB VID 0011 dan PID 7788. Untuk cari toolnya pergi ke http://flashboot.ru/iflash.html   halaman itu pake bahasa Rusia, jadi lebih baik buka pakai google chrome aja biar bisa ditranslate. Kalau sudah masukin VID dan PID kita.

   Cari deh, jenis FDnya..


   Nah toolnya udah ketemu.. Tinggal donlot dan jalankan.


Tapi masalahku tidak cuma sampai disini, tool yang saya pakai tidak mau jalan.


Someone help me please.. Masa iya aku harus pasrah rela menerima flashdiskku terkapar tak berguna, atau aku jadiin gantungan kunci.. Oh no! Why should i do?

1 komentar :